6 Kesalahan Yang Sering dilakukan Desainer Grapis

6 Kesalahan Yang Sering dilakukan Desainer Grapis

Hal-hal berikut perlu diperhatikan karena sering terjadi salah pengertian atau salah paham pada dunia "Cetak mencetak desaign".

Pada tulisan saya kali ini hanya sebagai pengetahuan dasar saja, karena "pondasi" yang kurang baik akan menyebabkan bangunannyapun kurang kokoh.



Coba baca beberapa keterangan yang perlu dihindari seperti dibawah ini:

1. Font yang tidak sesuai
Dalam penggunaan Font sangat perlu diperhatikan kecocokan tema desain yang sedang kita kerjakan.

2. Teks Wrap Berlebihan
Sebisa mungkin selaraskan foto, grafik dan kutipan dengan dasar kolom grid desain. Sesuaikan jarak kata dan hypenationnya agar tidak tampak berlebihan.


3. Margin, spasi, dan headline
Bedakan dan atur spasi antara judul dan  subjudul desain dengan memperhatikan spasi baris, panjang baris judul, ukuran judul dan subjudulnya agar pembaca tidak bingung. Hindari teks yang kepanjangan atau terlalu dekat dengan tepi, karena hal ini akan membuat kesan terlalu sesak.

4. Resolusi Gambar tidak benar
Tentukan dengan benar resolusi gambar agar hasilnyapun bagus, yaitu dengan menetapkan resolusi gambar yang ideal berkisar 300-400 pixel per inchi. Langkah ini dimaksud agar gambar tidak pecah saat diprint atau dicetak.

5. Menggunakan Teks Raster daripada Teks Vektor
Untuk urusan desain grafis hal yang benar adalah menggunakan teks vektor daripada teks raster. Karena teks raster hanya cocok digunakan untuk mendesain web atau digital lainnya.

6. Salah Format File
Yang satu ini sangat mendasar. Pada prakteknya banyak sekali desainer salah menggunakan format file untuk menyimpan dan mencetak. Format file yang tepat untuk urusan grapis desain adalah tiff karena resolusinya benar-benar cocok untuk  percetakan.
Apabila anda bertanya format file JPEG, PNG, GIF dapat digunakan atau tidak? jawabannya bisa akan tetapi hasilnya kurang baik karena hanya untuk desain yang kecil-kecil saja.

Beberapa hal-hal yang lain dapat disesuaikan pada saat proyek desain berlangsung, karena kadang-kadang kita dapat menemukan kendala lain "6 Kesalahan Yang Sering dilakukan Desainer Grapis" saat pekerjaan berlangsung.
Selamat berkarya.

Comments