7 Cara Desain Banner dan Spanduk Yang Baik

7 Cara Desain Banner dan Spanduk


Dalam mendesain ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan. Dan ini merupakan awal sebelum kita memulai untuk mendesain antara lain yaitu kualitas gambar.

Dalam tulisan saya "7 Cara Desain Banner dan Spanduk" kali ini akan mencoba memberi sedikit penjelasan atau persyaratan yg perlu diketahui sebelum kita memulai mendesain.





  1. Untuk mengolah banner spanduk disarankan menggunakan aplikasi yang tepat guna seperti  Photoshop, Coreldraw, Indesign, illustrator.
  2. Sangat tidak disarankan mendesain menggunakan aplikasi ms office seperti ms word.
  3. Coba gunakan resolusi standar tertentu atau khusus untuk spanduk, biasanya 50dpi - 150dpi.
  4. Format warna gunakanlah RGB dengan mixer warna CMYK hasil akan lebih baik dan bagus.
  5. Hasil ripping ke mesin cetak digital print biasanya menggunakan CMYK, ini berarti apapun jenis file anda secara otomatis akan dirender ke dalam CMYK.
  6. Untuk hasil gambar atau foto yang baik gunakanlah camera digital dikarenakan pixel dan size atau ukurannya yang besar.
  7. Pada gambar foto hasil scan sebaiknya di scan menggunakan resolusi 300dpi agar kualitas lebih baik.


Saya pikir dari  7 Cara Desain Banner dan Spanduk diatas adalah dasar yang masih bisa ditambahkan sesuai kebutuhan anda masing-masing. Sebetulnya cara ini juga dapat diterapkan tidak hanya pada saat mendesin spanduk dan banner saja, akan tetapi dapat diterapkan kesemua cara design yang lain.
Selamat mendesign dan terus berkarya.

Comments